1. Beranda
  2. /
  3. Artikel
  4. /
  5. BIMBINGAN TEKNIS CARA PRODUKSI PANGAN OLAHAN YANG...

BIMBINGAN TEKNIS CARA PRODUKSI PANGAN OLAHAN YANG BAIK (CPPOB) BAGI UMKM PANGAN

by Admin Person

20 Jul 2020

BIMBINGAN TEKNIS 

CARA PRODUKSI PANGAN OLAHAN YANG BAIK (CPPOB) BAGI UMKM PANGAN 

Tanggal 15-17 Juli 2020

Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha, melaksanakan kegiatan Bimtek CPPOB berbasis kompetensi termin 1 pada tanggal 15 hingga 17 Juli 2020. Bimtek dilaksanakan secara daring melalui aplilkasi zoom meeting dan WhatsApp. Peserta Bimtek CPPOB terdiri dari UMKM terpilih di wilayah Jabodetabek, Fasilitator UMKM dan petugas dari  Kantor POM Kab/Kota (Loka POM) dengan jumlah total peserta 64 orang. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, BPOM. Dra Reri Indriani, Apt., MSi dengan narasumber dari Direktorat di Kedeputian Bidang Pengawasan Pangan Olahan. Materi yang disampaikan diantaranya Kebijakan Keamanan Pangan, Penerapan CPPOB di sarana UMKM, Bahan Tambahan Pangan, Label dan Kemasan Pangan, serta Tata Cara Pendaftaran Pangan Olahan.

 

Pembukaan Bimtek oleh Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM pangan dalam menerapkan prinsip CPPOB di sarana produksinya. Bimtek ini merupakan tahap awal dalam rangkaian program pendampingan kepada UMKM pangan. Tahap selanjutnya adalah fasilitasi pendampingan secara intensif di sarana produksi selama 3 (tiga) bulan sehingga siap diperiksa sarana produksinya oleh BB/BPOM terkait. Pemeriksaan Sarana Baru (PSB) ini merupakan salah satu persyaratan dalam mendaftarkan produk untuk memperoleh Nomor Izin Edar BPOM RI MD. Bimtek ini juga menambah jumlah Fasilitator UMKM dan juga membekali petugas Loka POM dalam melakukan pendampingan penerapan CPPOB bagi UMKM di wilayah kerjanya.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan bimtek dilakukan pengukuran tingkat pemahaman peserta melalui pre dan posttest, pengisian form asesmen mandiri dan penugasan pembuatan dokumen CPPOB sesuai dengan kondisi UMKM masing-masing. Dari hasil asesmen mandiri seluruh peserta kompeten dalam menyusun dan menerapkan CPPOB, dan sebanyak 96% peserta lulus postest. Dilihat dari evaluasI kepuasan pelanggan peserta sangat antusias dalam mengikuti Bimbingan Teknis ini.

Dengan program Bimtek Pendampingan CPPOB, UMKM mampu menerapkan CPPOB di sarana produksinya sampai memperoleh Nomor Izin Edar BPOM RI MD sehingga dapat meningkatkan daya saing produk. Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan Badan POM dalam program Nasional Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GerNas BBI) yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 14 Mei 2020.

Sesi Foto Bersama






Artikel Terbaru
Jajak Pendapat
Galeri
Galeri Lainnya

Artikel Lainnya

Baca Lainnya

Punya Masalah?

Kami ada dan siap memberikan solusi untuk anda.

Hubungi Kami