Jalan Percetakan Negara No 23 Jakarta 10560 - Indonesia
  1. Beranda
  2. /
  3. Galeri
  4. /
  5. UMKM Camp UMKM Pangan Olahan, 24-25 Oktober 2022

UMKM Camp UMKM Pangan Olahan, 24-25 Oktober 2022

Oct 26, 2022

UMKM Camp 

Perizinan Berusaha dalam rangka Pengawalan Keamanan Pangan G20 Mendukung UMK Berdaya Saing menuju Pemulihan Ekonomi Nasional

24 – 25 Okt 2022


Salah satu misi Badan POM yaitu memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha di bidang Obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing. Untuk itu, Badan POM menyelenggarakan UMKM Camp untuk mensosialisasikan kemudahan perizinan berusaha kepada masyarakat, pelaku usaha dan pemangku kepentingan. Dengan fokus pada Sistem Manajemen Keamanan Pangan Olahan, Cara Produksi Pangan yang baik, Penyajian Pangan Olahan yang Aman serta Cara Mengelola Ritel yang baik pada produk pangan.

Pada tanggal 24-25 Oktober 2022, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan - BPOM mengadakan UMKM Camp secara daring bagi UMKM Pangan Olahan dengan mengangkat tema “Perizinan Berusaha dalam rangka Pengawalan Keamanan Pangan G20 mendukung UMK Berdaya Saing menuju Pemulihan Ekonomi Nasional”. Kegiatan ini merupakan rangkaian pengawalan keamanan pangan pada presidensi G20 Indonesia, yang dibuka oleh Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Ibu Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes. dan diikuti oleh 635 pelaku usaha.

Pada hari pertama, paparan difokuskan kepada Ritel Pangan, yaitu Sistem Manajemen Keamanan Pangan Olahan Sarana Ritel di Pasar Tradisional oleh Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan, dengan narasumber Bapak Nihan Saputro, STP., dan Penerapan Cara Peredaran Pangan Olahan yang Baik untuk Sarana Ritel di Pasar Tradisional yang disampaikan oleh Bapak Dasep Wahidin, S.Si., Apt., M.Sc., Ph.D. dari Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan.

Pada hari kedua pelaksanaan UMKM Camp, materi difokuskan pada Perizinan Berusaha untuk UMKM Pangan Olahan. Paparan terkait Tata Cara Memperoleh Nomor Izin Berusaha (NIB) melalui OSS RBA disampaikan oleh Pak Ari Tjahyono, dari Direktorat Sistem Layanan Elektronik, Infrastruktur dan Jaringan, Kementerian Investasi/BKPM, paparan terkait Tata Cara Perizinan SPP-IRT melalui OSS RBA disampaikan oleh Sarmauli Nopeda Purba, S.Si., Apt dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, paparan terkait Sertifikasi Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) bagi UMK Pangan Olahan disampaikan oleh Dra. Cendekia Sri Murwani, Apt, MKM dari Direktorat Pengawasan Produksi Pangan Olahan, serta paparan terkait Tata Cara Memperoleh Izin Edar bagi Pangan Olahan melalui OSS RBA disampaikan oleh Dra. Siti Elyani, Apt., M.KM dari Direktorat. Registrasi Pangan Olahan


Pada UMKM Camp ini juga dilaksanakan Desk Konsultasi terkait perizinan SPP-IRT, e-Sertifikasi (CPPOB) dan e-Registrasi RBA khususnya bagi UMKM di Denpasar dan Buleleng. Kegiatan Desk Konsultasi ini merupakan pelayanan langsung oleh petugas BPOM dalam membantu UMKM yang sedang proses pendaftaran dan masih terdapat perbaikan dalam pemenuhan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Sehingga diharapkan dengan adanya layanan ini dapat membantu UMKM dalam menyelesaikan pendaftaran produknya, bahkan dalam desk ini apabila UMKM langsung melengkapi data yang diminta akan dapat memperoleh izin edar saat itu juga.



Kegiatan UMKM Camp “Perizinan Berusaha dalam rangka Pengawalan Keamanan Pangan G20 mendukung UMK Berdaya Saing menuju Pemulihan Ekonomi Nasional” yang dilaksanakan selama dua hari berlangsung dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini.

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat membantu UMKM dalam memahami regulasi dan tata cara terbaru terkait Perizinan sesuai UU Cipta Kerja, sehingga sistem OSS yang semua perizinan dilakukan secara online dan percepatan perizinan yang ditujukan untuk mempermudah legalitas usaha bagi UMK dapat diterapkan dan bermanfaat untuk perkembangan usaha skala Mikro dan Kecil.

Sahabat UMKM Pangan Olahan,

Keamanan Pangan merupakan tanggung jawab kita bersama, dan di pundak Bapak/Ibu selaku produsen pangan, menjadi ujung tombak untuk menyuplai pangan yang aman bagi masyarakat. Mari sama-sama kita jadikan keamanan pangan ini menjadi urusan kita bersama (Food Safety, everyone’s business).


Recover Together, Recover Stronger


#G20

#BPOMRI

#Klubpompi

#panganaman

Berikut ini adalah foto-foto yang telah di dokumentasikan: