Jalan Percetakan Negara No 23 Jakarta 10560 - Indonesia

Artikel, Video dan Module

SINERGI PEMBEDAYAAN UMKM DAN PENDAMPINGAN UMKM KAB TANAH DATAR, 5-6 DESEMBER 2022

Dec 29, 2022

by Admin Person

Pada tanggal 5 Desember 2022 Sinergi Pemberdayaan UMKM dan Sosialisasi Keamanan Pangan tanggal 5 Desember 2022 pukul 08.00-13.00 WIB di Hotel Emersia, Tanah Datar. Tujuan kegiatan ini meningkatkan pemahaman pelaku usaha dan Pemda di Kabupaten Tanah Datarterkait Keamanan Pangan (Dit PMPU PO), CPPOB (Ditwas Prod PO), Peran Pemda Tanah Datar dalam program pemberdayaan UMKM (Sekda Kab Tanah Datar) serta Hasil Pengawasan Pangan Olahan (Balai Besar POM di Padang).

Acara akan dibuka oleh Bupati Tanah Datar, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, dan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM. Peserta berjumlah 30 orang terdiri atas 20 UMK Pangan Olahan dan 10 orang dari Pemerintah Daerah terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian, dan Dinas Pangan Kabupaten Tanah Datar dan BPOM (pusat dan balai).

 Foto bersama peserta Sinergi Pemberdayaan dan Pendampingan UMKM Tanah Datar bersama Bapak Bupati Tanah Datar, Ibu Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, dan Kepala BBPOM di Padang

Acara dilanjutkan dengan Kunjungan ke sarana produksi saus tomat (KWT Mawaddah) pada tanggal 5 Desember 2022 pukul 14.00 WIB -selesai. Peserta: BPOM dan Pemda terkait. Tujuan meninjau sarana produksi UMK saos tomat untuk mengidentifikasi kesiapan sarana untuk pendampingan UMK

Tanggal 6 Desember 2022 pukul 08.30 WIB-11.00 WIB akan dilakukan kegiatan Advokasi kepada Pemda Kab. Tanah Datar. Peserta BPOM, Balai dan Pemerintah Daerah terkait. Tujuan Kegiatan untuk meningkatkan komitmen dan dukungan Pemda Kab. Tanah Datar terkait dengan rencana pendampingan produksi saos tomat. Berdasarkan informasi terdapat UMK pangan olahan yang telah menerima bantuan peralatan dari OJK namun belum dimanfaatkan dengan optimal.

Acara selanjutnya, berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kab. Tanah Datar untuk menunjuk pic kegiatan pendampingan UMKM di Kab Tanah Datar sekaligus menyampaikan hasil pertemuan koordinasi dengan stakeholder Kab Tanah Datar mengenai rencana pendampingan produksi saos tomat.

Acara selanjutnya, mengunjungi Sentra Rendang di Payakumbuh. Sekaligus meninjau progress kegiatan Sentra Rendang di Payakumbuh.

Lihat Lainnya