1. Beranda
  2. /
  3. Regulasi
  4. /
  5. Kosmetika
  6. /
  7. Izin Edar Kosmetik

Izin Edar Kosmetik

IZIN EDAR KOSMETIKA

 

Setiap kosmetika yang diedarkan di wilayah Indonesia wajib memiliki izin edar berupa notifikasi dari Kepala Badan POM. Prosedur atau tata cara pengajuan notifikasi kosmetika tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.12.10.11983 Tahun 2010 tentang Kriteria dan Tata Cara Pengajuan Notifikasi Kosmetika.

Prosedur Notifikasi Kosmetika dilakukan secara online melalui https://notifkos.pom.go.id/ yang dibagi menjadi 2 tahap yaitu pendaftaran pemohon notifikasi (badan usaha) dan pengajuan notifikasi kosmetika.

  1. Pendaftaran Pemohon Notifikasi (Badan Usaha) 

Adapun alur pendaftaran data badan usaha sebagai berikut:

 

 

Setelah pelaku usaha memiliki akun notifikasi (login aktif), maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengajuan notifikasi kosmetika.

2. Pengajuan Notifikasi Kosmetika

Proses notifikasi kosmetika membutuhkan waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak mendapatkan ID produk. Khusus untuk sediaan wangi-wangian hanya membutuhkan waktu 3 (tiga) hari kerja sejak mendapatkan ID produk. Adapun alur prosedur notifikasi kosmetika adalah sebagai berikut:

Nomor notifikasi berlaku selama 3 tahun dan setelah itu dapat dilakukan daftar ulang (pembaharuan).

Untuk besaran biaya notifikasi kosmetika dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tertera pada Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2017 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pengawas Obat dan Makanan. Adapun rincian biaya notifikasi kosmetika sebagai berikut:

Proses pembayaran notifikasi kosmetika dilakukan melalui Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) dengan alur sebagai berikut:

Artikel Terbaru
Jajak Pendapat
Galeri
Galeri Lainnya

Punya Masalah?

Kami ada dan siap memberikan solusi untuk anda.

Hubungi Kami